Kali Pertama, Pilkades Serentak 2018 di Laksanakan di Humbang Hasundutan


Kali Pertama, Pilkades Serentak 2018 di Laksanakan di Humbang Hasundutan

Doloksanggul (Protokol)

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora buka pembekalan PPKD (Panitia Pemilihan Kapala Desa) serentak 2018 bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Rabu (16/5). Pembekalan itu dihadiri Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Kapolres Humbahas diwakili Kasat Intelkam AKP A Parhusip, Bambang SH dari Kejari Humbang Hasundutan dan beberapa pimpinan OPD.

Dikatakan Saut Parlindungan Simamora, Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak di 28 desa yang tersebar di 9 kecamatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Humbang Hasundutan. Pilkades merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Pilkades juga merupakan pesta demokrasi di tingkat desa. Jika berbicara tentang pesta berarti terkandung makna suka cita, kebahagiaan dan kebersamaan meski terdapat berbagai perbedaan. Namun ditengah-tengah perbedaan itu ada sebuah tujuan untuk menyatukan hati menuju kebaikan yaitu membangun desa. Maka tidak perlu adu domba, keributan dan saling menyakiti. Pilkades harus dilandasi rasa persaudaraan dan sikap persatuan demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa serta terpeliharanya keutuhan NKRI. Dalam Pilkades harus ditanamkan dalam diri masing-masing bahwa perbedaan dan damai itu indah.

Dalam pembekalan itu, AKP A Parhusip meminta kepada panitia supaya netral dalam pelaksanaan Pilkades. Di daerah Tapanuli ini, Pilkades sangat rentan dengan konflik baik antara keluarga, marga bahkan bisa sampai pecah peradatan. Jadi tugas PPKD harus netral dan profesional dalam Pilkades, supaya jangan terjadi perpecahan ditengah-tengah masyarakat. Sementara Mayor Inf Holden Gultom menjelaskan dalam Pilkades semua elemen masyarakat harus berperan aktif menjaga keamanan agar pemilihan berjalan dengan aman dan lancar. Utamakan persatuan dan kesatuan di desa. Dalam Pilkades harus menghilangkan kepentingan kelompok, kalau sudah terjadi perpecahan sangat sulit mengobatinya. Hal senada juga disampaikan Bambang SH, Pilkades harus jujur adil dan bijaksana. Masyarakat bisa pilih kader yang bisa membangun desa agar lebih maju lagi.

Kadis PMDP2A Drs Vandeik Simanungkalit MM melaporkan kegiatan itu membekali PPKD dalam menjalankan tugas dan fungsinya selama pelaksanaan Pilkades serentak 2018 di Humbang Hasundutan. Serta mampu memahami mekanisme dan prosedur pelaksanaan Pilkades sesuai aturan hukum sehingga Pilkades dapat berjalan dengan baik, lancar, tertib dan sukses. Ke-28 desa yang melaksanakan Pilkades serentak yaitu Desa Sihotang Hasugian Dolok I, Sionom Hudon VII, Sionom Hudon Julu, Pusuk I, Simataniari, Sionom Hudun Runggu, janji Hutanapa, Baringin Natam, Pandumaan, Marbun Toruan, Sinambela, Siunongunong Julu, Paranginan Selatan, Siborutorop, Nagasaribu II, Sibuntuon Parpea, Sosor Tambok, Sosortolong Sihite III, Sanggaran II, Rura Tanjung, Lumban Tongatonga, Pakkat Hauagong, Siambaton Pahae, Panggugunan, Hauagong, Marpadan, Mungkur dan Desa Sibongkare Sianju. (REL/Rukmunal H Siregar/Prptokol)