Sambut Hari Pendidikan Nasional, PT TPL Serahkan Bantuan APE di 5 PAUD Humbahas


Sambut Hari Pendidikan Nasional, PT TPL Serahkan Bantuan APE di 5 PAUD Humbahas

 

Humbahas (SIB) –PT Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk memberikan bantuan program sarana belajar mengajar untuk sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di tiga kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (2/5).

Dukungan sarana belajar mengajar yang diberikan berupa alat permainan edukatif (APE) dengan total 20 jenis APE yang mencakup alat penunjang konsentrasi, alat persiapan baca tulis, alat persiapan berhitung, permainan untuk melatih motorik anak, alat tulis, puzzle, media mendongeng, dan alat-alat permainan edukatif pelengkap lainnya.

Manajer Pengembangan Masyarakat TPL Ramida Siringoringo saat menyerahkan bantuan di PAUD Hutajulu Kecamatan Pollung, mengatakan, anak usia dini merupakan masa keemasan, sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia, sehingga TPL terpanggil dan memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan dengan melakukan pembinaan kepada  PAUD.

Ramida juga mengingatkan ada konvensi PBB yang mengesahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia pada 20 Nopember 1989 dan mulai mempunyai kekuatan memaksa (entered in to force) pada 2 September 1990.

“Berdasarkan hal ini, TPL mencoba menciptakan dunia pendidikan yang layak bagi anak dengan menyalurkan bantuan di beberapa PAUD di Kabupaten Humbahas,” jelas Ramida.

Kadis Pendidikan Kabupaten Humbahas Jamilin Purba mengapresiasi PT TPL karena telah ikut berperan memajukan dunia pendidikan di daerah itu.

“Bantuan ini sangat membantu dunia pendidikan di Humbahas,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Hutajulu, Saurma Lumbangaol mengatakan, selama ini perusahaan bubur kertas itu sangat peduli  dan dekat dengan masyarakat sekitar desa itu. “PT TPL sangat dekat dengan masyarakat Hutajulu, bantuan yang diterima masyarakat Desa Hutajulu sudah banyak bukan hanya sekali ini saja, terima kasih kami sampaikan atas perhatian TPL kepada desa kami,”  katanya.

Di lokasi lain di Desa Hutajulu, Mangabing Tua Sinaga, penyelenggara PAUD Marsiurupan, menjelaskan kondisi sejumlah PAUD di Humbahas sangat memprihatinkan karena kegiatan pendidikan dilakukan di salah satu sudut rumah warga. “Kami menyelenggarakan PAUD Marsiurupan dengan sangat sederhana dan secara mandiri, baru kali ini kami menerima bantuan dari pihak perusahaan, sungguh sangat berharga untuk anak didik kami,” ujar Sinaga.

Bantuan TPL di Humbahas diberikan kepada 5 PAUD dengan total bantuan 35 juta rupiah. Bantuan TPL kepada PAUD ini merupakan kesekian kalinya setelah terakhir kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada beberapa PAUD dilaksanakan lima kali di bulan April. (Rel/BR8/f)