Tupoksi SKPD


Kepala Dinas

Kepala Dinas Kesehatan mempunyai tugas :

  1. memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  2. mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi sekretariat, bidang dan kelompok jabatan fungsional;
  3. mengembangkan dan melaksanakan koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan SKPD/UKPD, instansi pemerintah, swasta dan/atau pihak ketiga lainnya dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati; dan
  5. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas.

 

Sekretariat

  • Sekretariat merupakan unit kerja Dinas sebagai unsur staf dalam pelaksanaan administrasi dinas yang dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  • Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi serta koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sekretariat menyelenggarakan fungsi :
  1. pengoordinasian penyusunan kebijakan, rencana strategis, program, kegiatan, dan anggaran serta tugas pembantuan di bidang kesehatan;
  2. pengelolaan kepegawaian Dinas;
  3. pengelolaan data dan informasi di bidang kesehatan;
  4. pengordinasian dan pelaksanaan kerjasama di bidang kesehatan;
  5. pelaksanaan dokumen pelaksanaan anggaran Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  6. pengordinasian penyusunan laporan keuangan di bidang kesehatan;
  7. penyelenggaraan ketatausahaan, rumahtangga, bahan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang Kesehatan, serta hubungan masyarakat;
  8. pengelolaan keuangan Dinas;
  9. pengordinasian pelaksanaan tindak lanjut atas laporan hasil pemeriksaan;
  10. pengelolaan perlengkapan Dinas diluar prasarana dan sarana kesehatan;
  11. pengordinasian penyusunan laporan asset Dinas;
  12. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala Dinas; dan
  13. pelaporan dan pertanggungjawaban tugas dan fungsi sekretariat Dinas.
  • Subbagian Program dan Informasi Kesehatan merupakan satuan pelaksana sekretariat dalam pelaksanaan perencanaan, penyusunan laporan, penyajian data informasi serta monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  • Subbagian Program dan Informasi Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, penyusunan laporan, penyajian data informasi serta monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Subbagian Program Dan Informasi Kesehatan melaksanakan rincian tugas sebagai berikut :
  1. menyusun bahan Renstra, Renja, RKA, dan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. menghimpun bahan penyusunan Renstra, Renja, RKA, DPA Dinas;
  4. menyusun Renstra, Renja, RKA, DPA Dinas;
  5. menghimpun bahan penyusunan LAKIP, LPPD, IPPD Dinas;
  6. menyusun LAKIP, LPPD, IPPD Dinas;
  7. melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan DPA, tugas dan fungsi Dinas;
  8. menyusun kebijakan urgensi data informasi kesehatan dalam rangka pembangunan kesehatan;
  9. mengumpulkan, mengolah, menyediakan dan menyajikan data informasi kesehatan;
  10. membangun dan mengembangkan sistem informasi kesehatan daerah;
  11. menyusun petunjuk teknis penyelenggaraan informasi kesehatan;
  12. menyelenggarakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar sesuai ketentuan yang ditetapkan;
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas; dan
  14. melaporkan dan mempertanggungjawabkan tugas dan fungsi.
  • Subbagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum merupakan satuan pelaksana sekretariat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan, kepegawaian, ketatausahaan, perlengkapan, kerumahtanggaan, arsip, dan dokumentasi Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  • Subbagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan, kepegawaian, ketatausahaan, rumahtangga, perlengkapan, arsip, dan dokumentasi Dinas.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Subbagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum melaksanakan rincian tugas sebagai berikut :
  1. menyusun Renstra, Renja, RKA, dan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. menyusun anggaran kas Dinas;
  4. memproses SPD, SPM, SP2D Dinas;
  5. memproses Dana UP, GU, TUP, LS Dinas;
  6. mengoordinasikan tugas-tugas bendahara pengeluaran dan penerima Dinas;
  7. mengordinasikan penyusunan laporan keuangan Dinas;
  8. menyusun kebutuhan pegawai Dinas;
  9. melaksanakan pendayagunaan, pengembangan karir, pembinaan dan pengendalian disiplin serta pengurusan kesejahteraan pegawai;
  10. melaksanakan tugas surat-menyurat;
  11. mengelola dokumentasi dan arsip;
  12. melaksanakan pemeliharaan kebersihan, keindahan, kerapian, ketertiban, keteraturan, kenyamanan, kehumasan dan keprotokoleran;
  13. menyusun kebutuhan prasarana dan sarana kerja/kantor:
  14. memproses penyediaan kebutuhan prasarana dan sarana kerja/kantor;
  15. penerimaan penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan dan pencatatan pembukuan;
  16. memproses penghapusan barang yang menjadi aset daerah;
  17. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas; dan
  18. melaporkan dan mempertanggungjawabkan tugas dan fungsi.

Tupoksi Bidang Kesehatan Masyarakat

Tupoksi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Tupoksi Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan